Cara Memutihkan Wajah dengan Mentimun


Cara Memutihkan Wajah dengan Mentimun – Buah mentimun merupakan buah yang tergolong ke dalam jenis sayuran. Buahnya biasanya dipanen ketika belum masak benar untuk dijadikan sayuran atau penyegar, tergantung jenisnya. Mentimun dapat ditemukan di berbagai hidangan dari seluruh dunia dan memiliki kandungan air yang cukup banyak di dalamnya sehingga berfungsi menyejukkan. Buahnya berwarna hijau berbentuk memanjang seperti torpedo, sedangkan tanamannya merambat. Biasa dibuat lalap, acar, rujak, penyegar kulit, obat darah tinggi, dll. Buah ini mempunyai rasa yang cukup segar sehingga dapat mengurangi rasa haus saat cuaca yang panas.

Mentimun memiliki sifat diuretik, efek pendingin, dan pembersih yang bermanfaat bagi kulit. Kandungan air yang tinggi; vitamin A, B, dan C; serta mineral, seperti magnesium, kalium, mangan, dan silika; membuat mentimun menjadi bagian penting dalam perawatan kulit. Masker wajah yang mengandung sari mentimun digunakan untuk mengencangkan kulit. Asam askorbat dan asam caffeic yang hadir dalam mentimun dapat menurunkan tingkat retensi air, yang pada gilirannya mengurangi pembengkakan di sekitar mata.


Salah satu cara memutihkan wajah yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat mentimun menjadi masker. Dengan memakai masker mentimun, dapat berfungsi sebagai pembersih dan penyegar untuk membantu mengangkat minyak dan sisa kotoran akibat polusi. Dengan kombinasi yogurt, akan membuat kulit lebih cerah, segar, dan lebih sehat. Memang buah mentimun memiliki peranan yang cukup penting dalam dunia kecantikan. Buah ini kerap dijadikan sebagai bahan dasar dalam pembuatan kosmetik yang bermanfaat untuk kulit. Namun bagi Anda yang lebih memilih cara alami bukan produk kimia buatan pabrik, Anda bisa membuat ramuan masker mentimun sendiri di rumah.

Cara memutihkan wajah dengan mentimun ini terbilang alami sehingga sangat aman dilakukan. Berbeda sekali dengan produk-produk kosmetik yang beredar di pasaran yang banyak mengandung zat-zat kimia berbahaya seperti merkuri. Zat kimia merkuri ini seharusnya tidak boleh digunakan sebagai bahan kosmetik karena bersifat karsinogen sehingga membahayakan kesehatan konsumen. Memakai produk-produk kosmetik alami dari buah-buahan seperti masker buah mentimun ini merupakan salah satu solusi yang amat bijak.

Berikut ini adalah cara membuat masker wajah dari buah mentimun yang patut Anda coba:
Bahan:
-         1/2 bagian buah mentimun berukuran sedang, buang bijinya
-         1 sdm yoghurt.

Cara membuat:
-         Haluskan buah mentimun menggunakan blender
-         Tambahkan 1 sdm yoghurt lalu campur sampai rata
-         Masker mentimun sudah siap diaplikasikan ke wajah.

Cara memakai masker mentimun:
-         Sebelumnya cuci wajah dengan air bersih lalu lap dengan handuk
-         Oleskan masker mentimun ke semua permukaan wajah kecuali mata
-         Diamkan dahulu sekitar 15-20 menit agar masker bekerja, lalu bersihkan dengan air
-         Keringkan wajah dengan menggunakan handuk lembut
-         Lakukan secara rutin 1-2 kali dalam seminggu.

Sekian artikel pendek mengenai Cara Memutihkan Wajah dengan Mentimun. Jika berkenan, lihat juga artikel lain yang berjudul Tips Pintar Memilih Cream Pemutih Wajah yang Bagus. Bagi Anda yang menginginkan cara lain yang lebih praktis dan juga efektif untuk memutihkan wajah secara alami, gunakanlah Cream Yashodara.