Cara Memutihkan Wajah dengan Bengkoang

Cara Memutihkan Wajah dengan Bengkoang - Umbi bengkoang biasa dijual orang untuk dijadikan bahan rujak atau lotis, asinan, manisan, atau dicampurkan dalam masakan tradisional seperti tekwan. Tumbuhan yang berasal dari Amerika tropis ini termasuk dalam suku polong-polongan atau Fabaceae. Di tempat asalnya, tumbuhan ini dikenal sebagai xicama atau jicama. Orang Jawa menyebutnya sebagai besusu. Umbi bengkoang sebaiknya disimpan pada tempat kering bersuhu 12 °C hingga 16 °C. Suhu lebih rendah mengakibatkan kerusakan. Penyimpanan yang baik dapat membuat umbi bertahan sampai 2 bulan.

Bengkoang yang memiliki nama latin Pachyrhizus erosus ini tidak hanya enak dimakan tetapi juga memiliki manfaat lain. Beberapa manfaatnya yaitu untuk memperlancar Air Susu Ibu (ASI) dan juga untuk memutihkan kulit. Bengkoang bisa dijadikan masker baik untuk kulit wajah dan seluruh kulit tubuh, dan tentu saja Anda bisa menggunakan masker bengkoang buatan sendiri pada malam hari menjelang tidur dan bersihkan masker bengkoang ini dari kulit tubuh anda dengan air bersih.


Cara Memutihkan Wajah dengan Bengkoang

Cara Membuat Masker Bengkoang
1.      Ambil bengkoang dan cuci hingga bersih, lalu kupas kulit bengkoang dan parut bengkoang
2.      Peras parutan bengkoang untuk diambil airnya, masukkan ke dalam mangkuk atau gelas dan buang ampasnya
3.      Diamkan air perasan bengkoang, sampai air perasan bengkoang mengendap pada dasar wadah
4.      Setelah mengendap buang airnya yang bening tadi dan ambil endapannya. Endapan itulah yang digunakan sebagai masker bengkoang
5.      Untuk yang ingin disimpan, saat mau dipakai sebaiknya Anda bisa menambahkan sedikit air dingin atau air mawar.

Cara Menggunakan Masker Bengkoang
1.      Bersihkan wajah Anda terlebih dahulu sebelum menggunakan masker bengkoang.
2.      Oleskan endapan bengkoang pada wajah menggunakan bantuan masker sampai merata
3.      Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit atau sampai masker mengering
4.      Setelah itu bilas wajah dengan menggunakan air bersih dan lap dengan handuk lembut.

Walaupun cara ini masih tergolong alami, namun bila Anda rutin menggunakan masker bengkoang ini maka akan bermanfaat untuk menghilangkan noda hitam pada wajah akibat jerawat karena Bengkoang mengandung pachyrhizon, rotenon, vitamin B1 dan vitamin C. Masker bengkoang ini telah terbukti dapat memutihkan wajah atau kulit. Penggunaan masker bengkoang untuk memutihkan wajah termasuk cara yang alami dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Silakan Anda mencobanya sendiri di rumah.

Demikian artikel singkat mengenai cara memutihkan wajah dengan bengkoang. Silakan dibaca juga artikel tentang Cara Memutihkan Wajah dengan Buah Tomat.